Ibu Eni 08811499638 Pin BBm: 328AEC9C
Select Page

Tips Merawat Rambut Keriting

Mempunyai rambut berjenis keriting merupakan keunikan tersendiri bagi wanita. Tak jarang, wanita rela ke salon demi mengubah rambutnya yang lurus menjadi keriting. Rambut keriting dianggap unik karena memang sedikit wanita yang mempunyai ramut bertipe seperti itu. Tapi rupanya, di balik keunikannya, rambut keriting mempunyai masalah tersendiri: kering dan sulit diatur. Selain itu rambut keriting juga mudah mengembang. Tentu itu sangat menganggu penampilan. Dan solusinya biasanya dengan diikat atau melakukan rebonding di salon. Yang ada malah rambut semakin tak berbentuk akibat di-rebonding. Berikut Tips Merawat Rambut Keriting

Sebagai wanita pasti ingin rambutnya terlihat indah saat terurai, meskipun keriting. Bila kamu salah satu wanita yang mempunyai rambut keriting, tak perlu risau. Tak perlu repot merebondingya di salon. Rambutmu bisa tetap terurai indah sehari-hari jika mengikuti tips ini. Berikut tips-tips dalam merawat rambut keriting:

1. Menjaga Kelembaban Alami Rambut

Salah satu masalah dari rambut keriting adalah kering. Jika kering, rambut akan mudah kusut. Untuk itu kamu harus menjaga kelembaban alaminya. Penggunaan sampo berbahan kimia yang terlalu sering dapat merusak kelembaban alami pada rambut. Sebagai penawarnya kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti madu, minyak zaitu, minyak olive, atau ramuan lidah buaya untuk menjaga kelembaban alami rambut. Gunakan setiap habis keramas secara rutin.

2. Mengeringkan Rambut Secara Alami

Untuk kecepatan, biasanya wanita sering menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Padahal hair dryer semakin membuat rambut rusak, kering, kusut, sulit diatur, dan bahkan bercabang. Lebih baik mulai saat ini hindari atau kurangi penggunaan hair dryer. Sebaiknya kamu membungkus rambut basah dengan handuk. Supaya air meresap di handuk. Atau dengan mengipas-ngipaskan—bisa dengan kipas angin. Atau juga dengan membiarkan rambut kering dengan sendirinya.

3. Menggunakan Sisir Bergigi Jarang Lebih Baik

Rambut keriting biasanya mudah rontok. Sebagai antisipasi, kamu bisa mengenakan sisir bergigi jarang, karena mengurangi kerontokan rambut. Bisa juga dengan hanya menggunakan jari-jari untuk menyisir.

4. Menggunakan Sampo Berbahan Ringan

Sampo yang berbahan keras atau kimia hanya akan membuat rambut semakin kering. Bahkan bila perlu kamu gunakan sampo khusus untuk rambut bertipe keriting.

5. Menggunakan Kondisioner Berprotein

Gunakan kondisioner kaya protein untuk rambut. Manfaat kondisioner pada rambut keriting adalah rambut menjadi mudah diatur, mudah dirapikan, dan terlihat lebih berkilau. Bila memang ada kondisioner khusus rambut keriting, gunakanlah itu.
Gunakan kondisioner setiap setelah keramas. Biarkan selama 5 menit. Baru setelah itu bilas. Rambutmu akan menjadi lebih halus seketika.

6. Hindari Produk Beralkohol

Meskipun kandungan alkohol baik untuk rambut, namun pada rambut keriting malah akan membuat rambut keriting semakin kasar, kering dan sulit diatur. Hindari sampo, kondisioner, hair spray yang mengandung alkohol.

7. Menata Rambut dengan Mengikat atau Menyanggulnya

Praktisnya, agar rambut terlihat rapih, sebagai alternative bisa dengan mengikat atau menyanggulnya. Juga supaya kamu tidak bosan dengan model rambut terurai. Terutama bagi wanita sibuk, ini dapat menjadi solusi bagus. Sebab melakukannya tidak butuh waktu banyak.

8. Hindari atau Batasi Blow dry

Menggunakan blow dry pada rambut keriting akan semakin membuat rambut lebih mengembang. Kalau memang membutuhkan blow dry, gunakan pada akar rambut saja.

9. Jangan Mengacak-Acak Rambut

Mengacak-acak rambut membuat rambut terlihat tidak teratur. Dan itu jelas merusak penampilanmu. Kamu akan terlihat lusuh. Lebih baik rapihkan menggunakan jari-jari tangan.

10. Gunakan Tutup Kepala

Menggunakan tutup kepala pun bisa menjadi solusi praktis. Tutup kepala melindungi rambut dari cuaca panas, angin, dan debu. Sehingga rambut tetap terlihat berkilau, bersih, dan rapih.

11. Potong Rambut Sesekali

Jika rambutmu terlihat sangat panjang, lebih baik potong atau rapihkan sedikit. Atau rutin setiap bulan lebih baik. Agar rambut terlihat tetap rapih.

12. Memperhatikan Pola Makan

Rambut keriting juga memerlukan gizi. Gizi didapat dari pola makan. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin, protein, dan mineral, guna menjaga kesehatan juga kelembabab rambut keriting. Tidak lupa minum air putih minimal 8 gelas per hari. Seperti halnya dengan tubuh, rambut juga memerlukan cairan.

13. Gunakan Cuka Sari Apel

Selain digunakan untuk menambah rasa asam pada makanan, sari cuka apel juga berguna untuk kecantikan kulit dan rambut. Khususnya rambut yang mempunyai masalah kering, kusam, dan berketombe. Karena cuka sari apel mengandung tingkat keasaman yang tinggi. Cara menggunakannya:
– setelah keramas,gunakan cuka sari apel. Bila terasa aromanya menyengat, tambahkan air sebelum diterapkan pada rambut.
– biarkan meresap selama 30 menit.
– kemudian bilas dengan air dingin.
– setelah itu dapat menggunakan kondisioner seperti biasa.

14. Menggunakan Minyak Alami

Minyak alami yang bermanfaat untuk rambut cukup banyak. Seperti minyak zaitun, minyak almond, minyak kemiri, minyak jarak, dan minyak bunga mawar. Bisa pula ditambahkan madu. Gunakan rutin pada malam hari sebelum tidur. Dan sebelum pemakaian kondisioner saat keramas.

15. Menggunakan Creambath Alami

Karena rambut keriting mudah sekali kaku, creambath bisa menjadi solusinya. Usahakan pilih creambath berbahan alami seperti dari santang kelapa atau aloe vera. Cara menggunakannya cukup mudah Setelah keramas, keringkan rambut. Lalu oleskan ramuan creambath, biarkan selama 25-30 menit. Setelah itu bilas.

Sponsor: jasa pembuatan fanpage