Ibu Eni 08811499638 Pin BBm: 328AEC9C
Select Page

Tips Manikur dengan Tepat Agar Jari Jemari Terlihat Prima

Tanda-tanda penuaan dini tak hanya ada pada kulit wajah dan leher, tapi juga kulit tangan. Namun, kuku yang cantik mampu menyamarkan penuaan dini pada area tangan. Ikuti tips manikur yang dilansir oleh prevention.com, Sabtu (19/11/2016) untuk membantu Anda menjaga tampilan jari jemari.

Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris tahun 2013, para peneliti bertanya kepada para responden untuk menebak usia beberapa wanita hanya berdasarkan foto tangan mereka. Hasilnya cukup mengejutkan, 49% responden mengatakan bahwa tangan dengan kuku yang rutin melakukan perawatan kecantikan manikur nampak terlihat lebih muda. Berikut adalah tipsnya :

1. Kikir
Alat ini digunakan untuk menghaluskan sekaligus membentuk kuku. Penggunaan kikir yang terlalu kasar akan membuat kuku robek dan mengelupas, yang terbaik adalah kikir yang terbuat dari kristal gelas yang mampu menghasilkan bentuk kuku yang halus dan mulus tanpa retak.

Ampelas

2. Ampelas
Ampelas atau dikenal dengan nama emery board ini digunakan untuk membentuk ujung kuku. Jangan gunakan di sisi-sisi kuku untuk mencegah kuku jadi lemah. Jangan biarkan ujung kuku terlalu panjang dan terlalu runcing, karena dua hal tersebut justru membuat Anda terlihat lebih tua.

3. Tongkat kutikula
Kutikula atau kulit yang melengkung di kuku perlu dirapikan. Kutikula punya fungsi penting yaitu melindungi pusat pertumbuhan kuku, karenanya jangan digunting atau dicabuti karena akan membuat kuku jadi lemah dan tipis. Rapikan dengan cara dilembapkan dengan lotion atau oil, dan ditekan dengan lembut menggunakan cuticle stick. Jika tak ada, Anda bisa membuat cuticle stick dari penghapus pensil yang ditutupi tisu.

Persiapan

4. Persiapan
Orang mengira bahwa kuku terlihat menguning karena terlalu sering dicat sehingga kuku tersebut tak bisa ‘bernapas’. Sebetulnya, kuku menguning karena pewarna dari cat kuku yang meninggalkan bekasnya di kuku. Untuk mencegah kuku jadi menguning, sebelum diwarnai dengan cat kuku oleskan dulu base-coat sehingga pewarna dari cat kuku tak meninggalkan bekasnya di kuku (terutama untuk cat kuku warna gelap).
Jika sudah terlanjur menguning maka bersihkan kuku, lalu gosok dengan lemon. Kandungan asam nya membantu untuk memutihkan kuku kembali.

5. Cat kuku
Menurut Suzi Weiss-Fischmann dari OPI, produk pewarna kuku, “Cobalah gunakan cat kuku warna metalik pucat, karena warna tersebut akan memantulkan sinar hingga menyamarkan baret atau goresan di kuku”. Bonusnya adalah partikel kilapnya membuat cat kuku melekat lebih sempurna di permukaan kuku, sehingga lebih tahan terhadap goresan.

6. Lindungi
Agar cat kuku tahan lama, sesudah dioleskan akhiri dengan mengoleskan top coat. Pilih top coat yang mutunya baik karena top coat yang tipis dan cair takkan mampu melindungi kuku dengan sempurna. Selain itu, pilih top coat bermutu baik yang sekaligus mengandung tabir surya sehingga kuku pun terlindungi dari radiasi sinar matahari dan warnanya tak berubah.

Sponsor: jasa foto produk