Ibu Eni 08811499638 Pin BBm: 328AEC9C
Select Page

6 Fungsi utama tidur

Siapa yang tidak suka tidur? Tidur merupakan satu-satunya cara untuk mengistirahatkan tubuh, sehingga setiap orang pasti membutuhkannya. Tidur pada dasarnya memiliki enam fungsi utama seperti yang dilansir dari Shape (14/03) berikut ini.

Tidur mempengaruhi pola makan
Apabila Anda memiliki cukup tidur, tujuh sampai delapan jam per hari, maka Anda tidak perlu khawatir. Namun jika tidur Anda kurang dari yang dianjurkan, maka Anda akan mudah terserang stres. Stres tersebut juga membuat Anda cenderung mengonsumsi berbagai makanan yang tidak sehat dan menganggu regulasi kadar gula dalam tubuh, sehingga menimbulkan obesitas bahkan diabetes.

Tidur memperbaiki sel rusak
Ketika tidur, tubuh akan memperbaiki sel yang rusak dengan lebih efektif. Tidur juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mampu menjauhkan Anda dari berbagai macam penyakit.

Tidur meningkatkan daya ingat
Tidur sesuai dengan kebutuhan akan membantu peningkatan daya ingat, kreatifitas, dan kesadaran diri Anda. Saat tidur, neuron di korteks serebral otak akan memperbaiki diri dan meningkatkan daya ingat serta konsentrasi Anda.

Tidur mencegah penyakit
Gangguan tidur bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan gagal jantung. Oleh sebab itu sebaiknya Anda tetap memiliki cukup tidur untuk mencegah datangnya penyakit tersebut.

Tidur meningkatkan energi
Tidur jelas berfungsi untuk meningkatkan energi, vitalitas, dan daya tubuh Anda. Selain itu, Anda akan merasakan performa terbaik Anda di tempat kerja, saat berolahraga, maupun berhubungan seks jika memenuhi kebutuhan tidur setiap harinya.

Tidur mencegah stres
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidur cukup akan menghindarkan diri Anda dari stres. Namun ingat, tidur berlebihan juga tidak baik karena justru akan memicu stres.

Untuk dapat merasakan fungsi utama tidur si atas, mulai sekarang sebaiknya Anda menjaga porsi tidur Anda selama tujuh sampai delapan jam setiap hari.

Sponsor: cream pemutih wajah